Tips Mengatasi Mata Minus

Bila mata Anda tak dapat melihat objek yang berada jauh dari jangkauan mata Anda, bisa jadi Anda terkena gangguan mata minus. Banyak sekali penyebab mata Anda menjadi minus. Namun ada 4 faktor terbesar penyebab mata minus yang sebaiknya tidak Anda lakukan.

1.         Kurang Mengonsumsi Vitamin A 
Sayur-sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin A. Salah satu fungsi dari vitamin A adalah menjaga kesehatan mata Anda. Bila Anda kurang mengonsumsi vitamin A, maka mata Anda akan terkena gangguan mata minus. Wortel memiliki kandungan vitamin A dan sebaiknya Anda sering konsumsi wortel demi kesehatan mata Anda. 
2.        Terkena Gelombang Cahaya Gadget dan Televisi
Seperti yang kita sudah ketahui, perkembangan tekhnologi makin maju dan membuat banyak orang makin fokus dalam menggunakannya. Misalnya saja gadget dan televisi. Saat ini, pemandangan orang yang seperti tak bisa lepas dari ponsel mereka sudah merupakan hal yang tak asing lagi, bahkan amat sering kita jumpai. Begitu juga dengan televisi, baik tua ataupun muda, orang dewasa atau anak kecil, pasti terlihat asik di depan televisi saat acara kegemarannya tengah tayang. Permasalahannya adalah jarak antara mata dengan gadget atau televisi sebaiknya jangan terlalu dekat. Hal ini dapat memicu gangguan mata minus dan bagi orang yang sudah terkena akan menjadi lebih parah. Jangan terlalu lama saat melakukan aktivitas yang disebutkan tadi.
3.        Kurang Istirahat
Mata yang sering digunakan terlalu lama untuk bermain games, menonton televisi dan menatap layar monitor pc akan menjadi kelelahan. Jika kebiasaan buruk tersebut tak dihentikan, maka mata Anda akan kelelahan. Lakukanlah aktivitas yang disebutkan tadi sewajarnya saja, tidak berlebihan. Agar kesehatan mata Anda tak terganggu. Istirahat yang cukup dapat dilakukan dengan tidur 8 jam saat malam hari.
4.       Faktor Keturunan
Faktor yang ini memang tidak dapat dihindari. Jika orang tua Anda memiliki riwayat mata minus, kemungkinam besar Anda juga akan terkena mata minus.

Lalu bagaimanakah tips mengatasi mata minus yang mengganggu ini?
1.         Mengonsumsi Asupan Nutrisi
Mata juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Nutrisi bias di dapatkan dari Wortel yang mengandung vitamin A dan b-caroten sangat baik untuk kesehatan mata.Tomat juga mengandung vitamin A, vitamin C dan Lycopene. Selain itu telur juga mengandung vitamin A dan nutrisi lainnya.
2.        Melakukan Senam Mata
Pertama-tama, tatapan lurus ke depan, gerakkan mata Anda ke atas tahan 10 detik,  lalu kembali lurus ke depan. Lakukan hal yang sama untuk ke bawah, kanan dan kiri. Setelah itu Anda juga bisa melakukan tekhnik eye palming, yakni menggosok-gosokkan kedua telapak tangan sampai agak panas, lalu tempelkan ke kelopak mata Anda yang tengah tertutup. Janganlah menekan bola mata Anda. Hanya sekedar menempel saja.
3.        Terapi Daun Sirih
Saat hendak tidur, Anda ambil 2 helai daun sirih, cuci bersih lalu tempelkan dengan menggunakan plester ke kelopak mata Anda yang tengah tertutup. Diamkan sampai besok pagi, laku segera bersihkan bekas-bekasnya.
4.       Terapi Lilin
Ambillah sebatang lilin, nyalakan, lalu tatap api dari lilin tersebut tanpa berkedip sampai mengeluarkan air mata. Lakukanlah hal tersebut sebanyak 4 kali.
                 Demikianlah artikel tentang tips mengatasi mata minus yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

About Me